Jumat, 27 Mei 2011

Renderasi & Animasi 3D > 19 Mei 2011







Tutorial :

Praktek renderasi dan animasi 3D

Pada front viewport, tekan W pada keyboard

Pada prompt line, aktifkan 3D Snap toggle atau tekan S

Pada tab shape, klik line

Pastikan grid ditampilkan di dalam front viewport, jika belum tekan G

Gambr profile dari bentuk botol dalam front viewport

Mulai dari bagian bawah botol. Klik untuk menempatkan titik pertama

jika pindah melintasi grid, muncul snap icon berwarna biru, menangkap titik persilangan garis pada grid

ketika menemparkan titik kedua, tekan dan seret/drag untuk membentuk kurva

Klik untuk membuat titik ketiga

Tekan dan seret/drag untuk memuat titik ke empat.

Klik untuk menentukan tiga titik terakhir

Untuk mengedit spline, aktifkan sub-object > vertex

Coba menggeser vertek pada spline untuk membentuk kurva dan smooth irregularities

pada titik yang anda tekan dan seret/drag, akan muncul bezier handles. anda dapat menggeser handles untuk merubah bentuk kurva

Tekan S untuk mematikan snap. Matikan Sub-object.
Tekan f3 untuk mengganti perspective view shading menjadi smooth +highlight.

Pada panel Modify, Klik lathe

Gulung ke bawah roll out parameters. Pada area Align, Klik tombol max

Jika botol muncul tidak sesuai dengan bentuknya gulung ke bagian atas rollout parameterslalu aktifkan flip normals.

Pilih file > save as
simpan hasil kerja dengan nama masing-masing_botol, dan pastikan format penyimpanannya adalah * .max


Klik menu file > new
tandai new all
klik ok

buka file yang dikerjakan pada pertemuan sebelumnya

Pilih menu file > merge
pilih file botol yang baru dibuat dan klik open
pada jendela merge pilih botol/line
klik ok

letakkan posisi botol di tengah buah jeruk dan apel.
Gunakkan skala untuk mengecilkan/membesarkan botol.

Aktifkan sample slot terakhir di sudut kanan-bawah material editor

Klik pick material from Object, icon eyedopper

klik botol dengan cursor eyedopper

pada rollout maps pilih channel bump dengan cara meng klik label none

pada kotak dialog materials/map browser, pick dents
Di dalam rollout dent parameters, tentukan size untuk dents = 22 dan strength = 5

Pada slot Sample Materials Editor
Klik tombol standard dan pilih Raytrace

Ganti warna Diffuse menjadi warna hijau tua/forrest green

Raytrace Transparancy dan reflectivity ditentukan oleh color swatch. Tentukan warna Transparancy menjadi abu -abu/gray R119 G119 B119

Ganti dinding belakang dengan material concgren.jpg





Lakukan render
Klik menu Rendering > render
pilih timeout single
pilih output size 640x480
pastikan viewport pada camerao1 dan klik tombol render

klik icon disket pada jendela camera01
beri nama masing-masing dan pastikan format penyimpanan adalah * .jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar